Sunday, May 31, 2015

WISATA PULAU BERHALA JAMBI ( INDONESIA )



Selamat pagi rekan –rekan semua yang berbahagia pada pertemuan kali ini penulis akan bercerita tentang sebuah pulau yang ada di Indonesia yaitu pulau “ BERHALA “. 

Propinsi jambi merupakan propinsi yang kecil dibandingkan dengan propinsi lain seperti jakarta, palembang, pekan baru dan propinsi – propinsi lainnya. Akan tetapi propinsi jambi juga kaya akan sumber daya alamnya seperti pertambangan, Emas, batu bara, biji besi dan lain sebagainya. Jambi merupakan propinsi yang memiliki 9 kabupaten diantaranya :






1.  Kabupaten Batanhari.
2.  Kabupaten Bungo.
3.  Kabupaten Kerinci.
4.  Kabupaten Merangin.
5.  Kabupaten Muaro Jambi.
6.  Kabupaten Sarolangun.
7.  Kabupaten Tanjung Jabung Barat.
8.  Kabupaten Tanjung Jabung Timur.
9.  Kabupaten Bungo.

Dari kabupaten – kabupaten itu memiliki kekayaan alam tersendiri dan wisata daerahnya sendiri, pada pembahasan kita kali ini penulis akan focus ke daerah wisata yang ada di perbatasan antara jambi dan kepulauan riau yaitu pulau berhala.


 
Bagi para wisatawan manca Negara mungkin nama pulau berhala sangat asing sekali jauh dibandingkan namanya dengan pulau bali, tetapi pulau berhala tidak kalah dibandingkan dengan pulau bali, pulau berhala juga memiliki keindahan pantai pasir yang membentang luas, air laut yang berwarna hijau, dan dikelilingi oleh pemandangan alam yang menarik. Nama pulau berhala sendiri berasal dari nama salah seorang raja yang ada didaerah jambi yang dimakamkan di pulau berhala tersebut yaitu datuk paduka rajo berhala, pulau berhala memiliki luas sekitar 2.5 Km2 yang dihuni oleh beberapa masyarakat nellayan.

Pulau berhala juga kaya akan terumbu karang dan juga ikan spesies karang yang berada didalam lautnya, bagi para pecinta alam pasti sangat penasarankan seperti apa terumbu karang yang ada disana dan ikan karangnya itu sendiri dari pinggir laut saja kita bisa melihat ikan – ikan hias berenang apa lagi kalau kita berada didalam lautnya tentu sangat mengasyikkan.


Pulau Berhala memiliki dua sisi tempat. Sisi barat berupa kawasan pantai yang sangat alami. Air laut yang jernih, butiran pasir yang halus. Sedangkan di sisi timur, tebing bebatuan karang menjulang tinggi ditambah dengan hutan akar bahar yang tumbuh disepanjang tepian pantai pulau berhala menjadikan wilayah ini merupakan daerah wisata yang harus kalian perhitungkan bagi para pecinta wisata alam. Jika ingin berwisata kesana kita bisa melewati dermaga nipah panjang yang berada dikabupaten tanjung jabung timur menggunakan speed boad atau kapal biasa, biaya yang dikeluarkan relative murah untuk bisa sampai kesana. 

Demikianlah sekilas tentang pulau berhala yang berada dipropinsi jambi yang penulis ceritakan sampai jumpa di tulisan selanjutnya.
Post a Comment

SHUTTER SPEED DALAM FOTOGRAFI

Jika anda seorang pemula dalam dunia fotografi ada beberapa langkah dasar yang harus anda pelajari, agar anda tidak bingung dalam menggunak...