Sunday, July 26, 2015

Pengusaha Sukses


Selamat sore rekan – rekan semua dimanapun anda berada pada pertemuan kali ini penulis akan memberikan sedikit tips untuk menjadi pengusaha sukses. Nah sebelum kita masuk ke cara – cara menjadi pengusaha sukses ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu pengusaha?

Pengusaha atau dalam bahasa kerennya wirausahawan (entrepreneur ) adalah orang melakukan aktivitas wirausaha yang mempunyai bakat membuat produk baru atau memproduksi produksi baru dengan caranya sendiri, menyusun manajemen usahanya sendiri, memasarkan serta mengatur menejemen modalnya untuk mencapai hasil yang maksismal.

Nah rekan – rekan sekalian jika anda bertanya bagaimana caranya untuk menjadi seorang pengusaha sukses ? temukanlah jawaban anda disini !
Dibawah ini ada beberapa tips untuk anda apa yang harus anda lakukan agar menjadi pengusaha yang sukses, diantaranya adalah sebagai berikut :

a.     Tetaplah konsisten menjaga kualitas pelayanan dan kualitas produk
b.     Menentukan produk yang tepat
c.      Selalu buat perubahan untuk memenangkan persaingan pasar
d.     Mencari tahu apa target pasar
e.      Fokus pada apa yang anda impikan
f.       Memilih media promosi yang efektif
g.     Luangkan waktu anda untuk melakukan riset pasar
h.     Menggunakan strategi promosi yang kreatif
i.       Membuat menejemen pembukuan
j.       Disiplin

a.     Tetap konsisten menjaga kualitas pelayanan dan kualitas produk
Ketika kita pertama tama membuat usaha semangat kita sangat menggebu gebu, anda sebagai pengusaha jangan melupakan kualitas pelayanan dan kualitas produk, dalam segi kualitas pelayanan kita harus tetap menjaga konsumen kita dengan cara ramah, lemah dan lembuat dan menjaga produk yang kita kemas tetap awet dan tahan lama sesuai dengan peraturan bagaimana cara membuat produk kemasan yang baik.

b.     Menentukan produk yang tepat
Produk merupakan hal yang utama harus ditentukan oleh para pengusaha karena hal ini merupakan cikal bakal usaha yang akan dijalankan, produk tidak selamanya berupa barang fisik, bisa juga berupa layanan dan jasa. Untuk menentukan produk yang tepat tentunya kita harus melakukan riset terlebih dahulu. Produk yang baik adalah produk yang peminatnya banyak namun persaingannya kecil. Nah rekan – rekan silahkan anda fikirkan sendiri kira – kira produk apa yang ingin anda jalankan sebagai usaha anda.

c.      Selalu membuat perubahan untuk persaingan pasar
Didalam dunia usaha sering kali terjadi jatuh bangun atau pasang surutnya penjualan dikarenakan kurangnya inovasi – inovasi yang dilakukan oleh pengusaha itu sendiri. Jika anda sebagai seorang pengusaha yang baru rajin – rajinlah melihat informasi tentang dunia usaha agar pemikiran anda semakin berkembang untuk menciptakan ide – ide kreatif yang baru untuk melakukan perubahan atau inovasi yang baik untuk usaha anda.
d.     Mencari tahu apa target pasar
Jika anda sebagai pengusaha alangkah baiknya anda mengetahui apa saja target pasar yang sedang beredar agar usaha anda stabil terus dan tidak mengalami kemerosotan didalam penjualan nya.

e.      Fokus pada apa yang anda impikan
Ingat tetapa fokus pada sesuatu yang akan kita usahakan, delegasikan hal – hal atau pekerjaan yang bukan menjadi keahlian anda serahkan kepada yang yang ahlinya agar anda fokus dan tenaga anda tidak terbuang percuma.

f.       Memilih media promosi yang efektif
Didalam dunia usaha banyak sekali media promosi yang ditawarkan para pelaku usaha, seperti media cetak, internet, televisi atau radio dll. Tidak semua media tersebut efektif untuk usaha anda, untuk meningkatkan penjualan anda anda lihat dulu siapa dan apa target anda, jika target anda adalah kaula muda maka internetlah yang cocok untuk media promosi dan jika target anda para orang tua maka televisilah yang cocok untuk media promosi anda, ingat rekan – rekanku sekalian pemilihan media promosi sangat menentukan dalam kelangsuangan usaha anda.

g.     Luangkan waktu anda untuk melakukan riset pasar
Meluangkan waktu untuk melihat peluang didalam dunia usaha bukanlah hal yang susah untuk dilakukan sambil jalan – jalan sore bersama keluarga anda bisa melakukannya, tujuannya adalah untuk mengetahui pangsa pasar dan kegiatan para pesaing pasar anda serta mengikuti perkembangan pangsa pasar terbaru, anda selalu siap menghadapi tantangan dan tidak kalah saing dengan para pengusaha yang lain walaupun produk yang dijual sama.

h.     Menggunakan strategi promosi yang kreatif
Jika anda adalah seorang pengusaha yang tidak kreatif akan sangat sulit untuk menjalankan usaha anda sebaiknya anda sering – sering belajar dengan para pelaku usaha senior yang usaha nya maju tujuannya untuk mengetahui strategi apa yang akan anda pilih misalnya, untuk mendapatkan kepercayaan dari pelanggan, memberikan harga murah diawal, diskon untuk pembelian lebih dari satu, sarankan produk lain dan jangan lupakan layanan after sales. Jika anda sudah berfikir kreatif seperti itu mudah – mudahan usaha anda bisa berjalan dengan baik.

i.       Membuat manajemen pembukuan
Jika anda ingin menjadi pengusaha yang sukses manajemen pembukuan juga sangat penting dilakukan, pembukuan yang jelas sangat mempengaruhi untuk melihat perputaran modal anda baik itu untung maupun rugi.

j.       Disiplin
Disiplin dalam bekerja dan melakukan usaha merupakan modal yang penting karena tanpa adanya disiplin tidak jarang usaha – usaha yang dilakukan oleh para pelaku usaha jatuh dan gulung tikar .

Nah rekan – rekan sekalian itulah beberapa hal yang harus anda perhatikan didalam anda melakukan usaha semoga bisa bermanfaat sekian dulu dari penulis. Jika ada kata yang kurang berkenan penulis mohon ma,af.

Post a Comment

SHUTTER SPEED DALAM FOTOGRAFI

Jika anda seorang pemula dalam dunia fotografi ada beberapa langkah dasar yang harus anda pelajari, agar anda tidak bingung dalam menggunak...