Saturday, November 21, 2015

PERALATAN JARINGAN KOMPUTER

Salam dua jempol. Selamat malam sahabat jempol dimanapun anda berada salah sejahtera untuk kita semua, pada tuilsan kali ini penulis akan membahas seputar tentang PERALATAN JARINGAN KOMPUTER”.

Pengertian jaringan komputer menurut penulis adalah sebuah koneksi internet yang saling berhubungan yang memiliki sifat multitasking dan multiuser sehingga membentuk suatu kelompok atau komunitas melalui kabel ataupun tanpa kabel.
Konsep dasar jaringan komputer lahir pada tahun 1940an di amerika dari sebuah proyek pengembangan komputer oleh laboratorium bell dan group riset hardvard University, menyang dipimpin oleh profesor H. Aiken.

Dari tahun ketahun manusia menggunakan komputer mulai dari personal computer (PC) sampai sekarang dengan GADGET yang bisa dibawa kemanapun kita pergi. Asal mulanya personal komputer digunakan untuk satu tugas saja, tetapi komputer zaman sekarang sudah bisa mengerjakan lebih dari satu tugas. Dengan adanya hal tersebut timbul ide untuk menggabungkan beberapa komputer kedalam suatu jaringan yang mana pada setiap komputer bisa mengakses data antara satu komputer kekomputer lainnya atau dikenal dengan istilah (SHARING). Semua data yang ada pada komputer tersebut bisa saling berbagi satu sama lain menggunakan media yang namanya LOCAL AREA NETWORK (LAN).

Untuk membentuk / membuat jaringan komputer ada beberapa hal yang harus anda lakukan sebagai berikut :


1.     Menyediakan personal komputer minimal 2 yang memiliki port LAN sebagai wadah untuk mencolokkan kabel yang akan dipasang.
2.     Menyediakan Kabel UTP LAN untuk alat bantu koneksi melaui kabel LAN.
3.     Koneksi internet service Provider (ISP) sebagai media koneksi yang akan digunakan contohnya speedy.
4.     Konektor RJ 45 sebagai penyambung kabel LAN.
5.     Tang Krimping untuk mengkrimping kabel lan dan konektor RJ 45.
Jika anda sudah menyiapkan beberapa hal seperti diatas anda tinggal membuat jaringan komputer anda sendiri untuk panduannya biasa anda cari di internet banyak sekali cara untuk membuat jaringan komputer tersebut.

MANFAAT         JARINGAN KOMPUTER :

1.   Membantu usaha anda jika anda membuka warung internet sepert warnet sebagai media online.
2.  Membuat komunikasi dalam bidang pekerjaan kantor seperti sarana berkirim surat melalui elektronik.
3.     Mempercepat proses transfer data atau berbagi data.
4.     Mempertahankan informasi agar tetap handal dan update.
5.     Meningkatkan sumber daya manusia.

Jika anda sudah pernah merasakan manfaat jaringan komputer mari bersama – sama kita membuat jaringan komputer kita sendiri minimal untuk mempercepat penyelesaian pekerjaan kita dirumah ataupun dikantor. modul instalasi jaringan komputer klik disini

Nah sahabat jempol itulah informasi seputar jaringan komputer lan yang bisa penulis sampaikan semoga bermanfaat matei ini akan penulis sambung dilain hari. Sekian dan terimakasih.



Post a Comment

SHUTTER SPEED DALAM FOTOGRAFI

Jika anda seorang pemula dalam dunia fotografi ada beberapa langkah dasar yang harus anda pelajari, agar anda tidak bingung dalam menggunak...