TIPS MENDIDIK ANAK AGAR PINTAR UNTUK MENJADI ORANG SUKSES - MEDIA EDUKASI CEPAT, TEPAT, DAN TERPERCAYA

Breaking

Created By Reko Metra, S.Kom

Saturday, June 27, 2015

TIPS MENDIDIK ANAK AGAR PINTAR UNTUK MENJADI ORANG SUKSES



Selamat pagi rekan – rekan sahabat dimanapun anda berada pada penulisan kali ini penulis akan membahas tentang “TIPS MENDIDIK ANAK AGAR PINTAR UNTUK MENJADI ORANG SUKSES”. Memiliki anak yang pintar merupakan dambaan setiap pasangan pasutri (pasangan suami istri), Karena kepintaran merupakan modal yang sangat penting didalam kelangsungan masa depan si anak tersebut. Beruntunglah bagi orang tua yang memiliki anak yang pintar karena dengan anak yang pintar itu akan menjadi anugerah yang tak ternilai yang diberikan oleh tuhan yang maha esa.
Menurut penulis sendiri ada beberapa factor yang bisa membuat anak menjadi pintar diantaranya sebagai berikut : 

1.  Faktor genetic 48 %.


Factor genetic merupakan kepintaran atau kecerdasan alami yang diberikan dari gen kedua orang tuanya. Apakah factor ini bisa dirubah ? jawabannya bisa jika kita sebagai orang tua mau mendidik anak – anak kita dengan kesabaran dan juga dengan ketelitian karena pada dasarnya rata – rata manusia itu memiliki IQ yang tinggi dibandingkan dengan makhluk hidup lainnya yang ada dimuka bumi ini. Orang tua yang memiliki IQ tinggi tidak menjamin bahwa anak – anak nya akan memiliki IQ yang tinggi pula seperti yang dikatakan oleh “Matt McGue” seorang pakar bidang genetika dan psikologi asal amerika serikat.

2.  Faktor Lingkungan.



Factor lingkungan juga berperan penting didalam pertumbuhan kepintaran anak – anak, kenapa demikian? Karena lingkungan tempat tinggal anak tersebut merupakan tempat untuk tumbuhnya kepintaran anak – anak kita. Jika mereka bergaul dengan orang – orang yang pintar sedikit banyak anak tersebut akan menjadi pintar pula itu merupakan hokum alam. Jika bergaul dengan orang – orang yang bodoh, nakal, dan bandel maka anak tersebut akan menjadi bandel pula.

3.  Faktor Pendidikan.



Factor pendidikan juga sangat berperan aktif untuk membuat anak – anak kita menjadi pintar, pendidikan dari usia dini atau yang sering kita kenal dengan nama (PAUD) merupakan sesuatu hal yang penting yang harus kita berikan kepada anak – anak kita untuk masa depan mereka kelak. Dengan adanya wadah ini bakat alami anak – anak kita akan disalurkan melalui pendidikan tersebut dan mereka bebas mengeksplor kemampuan mereka. Dari berbagai hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang sangat kuat antara perkembangan yang dialami anak pada usia dini dengan keberhasilan mereka dalam kehidupan selanjutnya. Contohnya anak – anak yang hidup dalam lingkungan (dirumah atau di KB atau TK) yang kaya akan interaksi menggunakan bahasa yang baik dan benar akan terbiasa mendengarkan dan mengucapkan kata – kata yang baik dan benar pula, ketika nanti mereka masuk ke bangku sekolah dasar mereka sudah mempunyai modal untuk membaca dengan kata – kata yang baik dan benar itu. Pakah anda sebagai orang tua tidak merasa bangga akan hal itu?. Tanyakan pada diri anda sendiri jawabannya.

4.  Faktor kasih sayang.


Factor kasih sayang juga beperan penting terhadap tumbuh kembang kepintaran anak anda. Kasih sayang kedua orang tua merupakan sesuatu yang harus anda perhatikan, karena banyak sekali anak – anak yang menjadi bodoh karena kurangnya perhatian dari kedua orang tua. Materi yang berkecukupan dan uang yang banyak itu tidak akan membuat anak – anak anak kita serta merta menjadi anak yang pintar, kasih sayang juga diperlukan bisa anda liat rata –rata anak yang memiliki kasih sayang yang tinggi dari kedua orang tua hidup mereka menjadi teratur dan tenang. Sedangkan anak – anak yang kurang memiliki kasih saying dari orang tua hidup mereka cenderung hampa dan membosankan. Factor itulah yang bisa membuat anak anda menjadi orang yang bodoh dan pemalas. Nah rekan – rekan sekalian mulai sekarang perhatikanlah anak – anak anda dirumah dan berikan kasih sayang yang baik bagi anak panak anda agar menjadi anak yang pintar dimasa depan kelak yang akan menyenangkan anda diwaktu tua.  

5.  Faktor gizi yang baik. 



Didalam membentuk kepintaran anak factor gizi juga berperan penting didalam pembentukan kecerdasan anak – anak kita. Sebagai orang tua yang mampu apa salahnya anda berikan gizi yang terbaik untuk ank – anak anda agar mereka tumbuh menjadi anak yang kuat dan pintar serta memiliki IQ yang tinggi. Asupan makanan baik vitamin dan mineral yang sehat yang dianjurkan oleh dokter dalam makanan 4 sehat 5 sempurna. Aturlah makanan anak anda dengan baik dan benar pula suapaya tidak berlebihan, karena sesuatu yang berlebihan juga tidak akan baik bagi kepintaran anak anda.

Nah rekan – rekan sahabatku yang berbahagia itulah beberapa tips yang bisa penulis berikan semoga apa yang penulis sampaikan bisa bermanfaat bagi kehidupan anda. Jika ada penyampaian yang kurang berkenan penulis mohon ma,af. Sekian dan terimakasi.
Post a Comment