PERANGKAT KERAS KOMPUTER - MEDIA EDUKASI CEPAT, TEPAT, DAN TERPERCAYA

Breaking

Created By Reko Metra, S.Kom

Thursday, August 27, 2015

PERANGKAT KERAS KOMPUTER


Selamat pagi rekan – rekan sekalian pada pertemuan kali ini penulis akan membahas tentang “PERANGKAT KERAS KOMPUTER”. Sebelum itu penulis akan menceritakan sedikit tentang pengertian dari pada komputer.

Istilah Komputer berasal dari bahasa latin “Computare” yang mengandung arti “Menghitung” dan juga ada berasal dari bahasa inggris “To Compute” yang berarti juga “Menghitung”.

Menurut “blissmer” pada tahun (1985) :
          Komputer adalah suatu alat elektronik yang melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses input sesuai dengan instruksi yang diberikan, menyimpan perintah – perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi.

Menurut “Sanders” pada Tahun (1985) :
          Komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data dengan cepat dan tepat serta dirancang dan di organisasikan secara otomatis untuk menerima dan menyimpan data input, memprosesnya dan menghasilkan output berdasarkan instruksi – instruksi yang telah tersimpan didalam memori.

Komputer terdiri atas beberapa komponen yang saling berhubungan dan saling bersinergi. Hubungan antara komponen – komponen dalam sistem komputer membentuk satu kesatuan sehiingga menghasilkan cara kerja yang lebih maksimal. Disebut sistem komputer.

Komponen sistem komputer terdiri atas perangkat keras ( Hardware ), perangkat lunak (software), dan user sebagai ( Brainware)
1.     Perangkat keras komputer ( Hardware)
Perangkat keras komputer adalah suatu perangkat yang melakukan proses input (masukkan ) dan output ( Keluaran ).

Adapun perangkat keras terdiri atas beberapa  defenisi sebagai berikut :
a.     Perangkat Pemrosesan (Central Processing Unit )
Perangkat pemrosesan adalah pusat pengolahan dan pengontrol segala pemrosesan data. Perangkat pemrosesan terdiri atas Control Unit (CU) Aritmethic Logical Unit (ALU), dan memori pengingat.
1.     Control unit atau CU berfungsi untuk menterjemahkan perintah secara berurutan, kemudian diteruskan keseluruh bagian komputer.
2.     Arithmetic Logical Unit (ALU), Berfungsi untuk memproses data melalui perhitungan penambahan, Pengurangan, perbandingan, dan logika.
3.     Memori (pengingat), berfungsi sebagai tempat penyimpanan data pada proses aplikasi program yang dimasukkan ke komputer.
2.     Perangkat masukkan (input devices)
Perangkat masukkan berfungsi memasukkan data atau input untuk diproses menjadi informasi atau output. Berikut ini beberapa perangkat masukkan diantaranya adalah sebagai berikut :
a.     Scanner
Scanner adalah alat yang digunakan untuk membaca gambar atau tulisan yang berasal dari kertas kebentuk digital, sehingga dapat diolah di komputer.
b.     Joystick
Joystic digunakan untuk game. Alat ini memiliki semacam tongkat yang dapat dimiringkan kesemua arah dan dilengkapi dengan beberapa tombol.
c.      Keyboard
Keyboard atau yang biasa disebut dengan papan ketik, merupakan perangkat yang sering digunakan dalam kegiatan sehari – hari. Karakteristik dan susunan papan ketik hampir sama dengan mesin ketik manual seperti susunan huruf QWERTY, tetapi terdapat beberapa fungsi lainnya seperti tombol numerik, caps lock, F1 sampai F12, Back space, home, delete, dll.
d.     Mouse
Mouse merupakan bagian penting dari sistem operasi yang menggunakan tampilan grafik. Pada saat bekerja, penggunaan mouse sering digunakan dengan istilah petunjuk (POINTER) yang berfungsi untuk memindahkan dan mengarahkan kursor pada layar kerja atau desktop komputer saat dioperasikan. Beberapa jenis mouse antara lain serial, Ps/2,dan Mouse USB baik yang menggunakan kabel maupun yang tanpa kabel.

3.     Perangkat penyimpanan (Storage Devices )
Perangkat penyimpanan berfungsi untuk menyimpan data yang telah dimasukkan dan menyimpan hasil pemrosesan kerja CPU.
Peralatan penyimpanan dibagi 2 (Dua) antara lain sebagai berikut :
a.     Memori internal (primary storage), yaitu memori yang terdapat dalam CPU yang terdiri atas ROM (Read Only Memory ) dan RAM (Random Acces Memory).
1.     ROM adalah memori yang berisi program yang dibuat oleh pembuatnya dan tidak dapat di ubah – ubah. ROM berisi perintah – perintah yang membaca sistem operasi Disk, Perintah untuk memeriksa semua peralatan yang terdapat disistem dan perintah untuk menampilkan pesan dilayar monitor. Sifat penyimpanan ROM adalah permanen.
2.     RAM adalah memori komputer yang dapat di isi dengan program dan data selama terdapat aliran listrik. Apabila listrik terputus atau mati, isi RAM akan terhapus seluruhnya. Sifat penyimpanan RAM adalah sementara.
b.     Memori Eksternal (secondary storage ), yaitu media penyimpanan data atau program – program yang bersifat tetap. Contohnya Harddisk, Floppy disk, Flash memory, Flashdisk, CD-ROM, dan DVD-ROM.
1.     Perangkat keluaran komputer (Output Devices)
2.     CD-ROM adalah media penyimpanan dalam bentuk kepingan cakram. Media penuimpanan data ini harus menggunakan CD – RW drive. Kemampuan menyimpan CD dapat mencapai kurang lebih 700 MB setara dengan floppy disk sebanyak 486 buah dengan ukuran 1.44 mb.
3.     Floppy disk adalah media penyimpanan data, namun dengan kapasitas yang relatif kecil namun sekarang floppy disk sudah jarang digunakan karena tergantikan oleh flashdisk.
4.     Flashdisk adalah alat untuk meyimpan data eksternal yang menggunakan penghubung USB kemampuannya menyimpan data mulai dari 128 MB sampai 16 GB.
5.     Flash memory adalah alat untuk menyimpan data eksternal dalam bentuk kartu memori.


4.  Perangkat Keluaran (Output Devices )
Perangkat keluaran merupakan salah satu penrangkat yang berfungsi untuk menampilkan hasil proses dari masukkan. Berikut ini beberapa perangkat keluaran antara lain sebagai berikut :
a.     Speaker
Speaker berfungsi untuk menghasilkan suara yang telah diproses didalam komputer.
b.     Printer (Alat Cetak )
Printer berfungsi untuk mencetak proses dari masukkan (input). Beberapa jenis printer yaitu dot matrix, bubble jet, dan printer laser.
c.      Monitor merupakan perangkat yang berguna menampilkan informasi yang dihasilkan dari proses input. Beberapa jenis monitor, yaitu VGA, monitor SVGA, monitor XGA, dan monitor LCD.

Demikianlah rekan – rekan yang dapat penulis sampaikan bila ada kata – kata atau penulisan yang salah penulis mohon ma,af , semoga apa yang penulis sampaikan bisa bermanfaat. Sekian dan terima kasih.

Link Terkait :
http://rekometra.blogspot.co.id/2015/08/perangkat-lunak-komputer.html
http://rekometra.blogspot.co.id/2015/08/pengantar-kkpi.html
Post a Comment