Menciptakan lingkungan kerja yang akuntabel - MEDIA EDUKASI CEPAT, TEPAT, DAN TERPERCAYA

Breaking

Created By Reko Metra, S.Kom

Sunday, October 18, 2015

Menciptakan lingkungan kerja yang akuntabel


Salam dua jempol. Selamat malam sahabat jempol dimanapun anda berada pada pertemuan kali ini penulis akan melanjutkan materi tentang AKUNTABILITAS PNS dalam sub materi yaitu “Menciptakan Lingkungan Kerja Yang Akuntabel”.

Nah sabahat jempol apa itu lingkungan kerja ?

Lingkungan kerja menurut penulis adalah area dimana dalam suatu ruang lingkup perusahaan atau instansi dimana didalam proses kerja yang berpengaruh terhadap kehidupa sosial dan psikologi pekerja dalam melaksanakan pekerjaannya untuk mencapai tujuan kinerja yang baik.

Dimana kondisi kerja dikatakan baik apabila para pekerja bisa merasa nyaman ditempat kerjanya, fasilitas dan salary merupakan hal yang paling utama yang harus disediakan oleh perusahaan untuk membentuk karakter pribadi yang baik terhadap para karyawan atau pegawainya.

Nah sahabat jempol yang berbahagia apa hubungan lingkungan kerja dengan akuntabilitas PNS?

Hubungan lingkungan kerja dengan akuntabilitas PNS adalah sangat era sekali karena jika lingkungan kerja kita tidak kondusif maka hasil kerja yang akan dicapai pun tidak maksimal. Disini penulis akan memberikan referensi sedikit tentang lingkungan kerja.

Penulis mengamati dari hasil pencarian di internet dari beberapa referensi yang penulis lihat lingkungan kerja kantor google bisa kita jadikan referensi dalam menentukan lingkungan kerja yang nyaman, dengan desain bangunan dan fitur – fiturnya yang unik merupakan salah satu faktor pendukung dalam kenyaman para pegawainya.

Selain itu didalam menciptakan lingkunan kerja harus didasari dengan beberapa faktor pendukung yang bisa menunjang kinerja pegawai. Adapun faktor pendukung tersebut adalah sebagai berikut :

a.     Kepemimpinan
Lingkungan kerja yang akuntabel akan tercipta dari pemimpin yang baik yang bisa merangkul dan mengatur bawahannya dengan sebaik – baiknya contoh menjalankan proyek bersama – sama dengan rekan kerja atau bawahan sesuai dengan rencana anggaran biaya (RAB) yang ada.
b.     Transparansi
Transparasi juga sangat dibutuhkan dalam menciptakan lingkungan kerja yang kondusif, jika tranparansi tidak ada maka lingkungan kerja tersebut akan berdampak sangat besar terhadap hasil yang akan dicapai. Contoh jika pemimpin tidak memiliki jiwa transparansi terhadap rekan kerja atau bawahannya maka akan terjadi krisis kepercayaan yang mengakibatkan saling tidak percayanya antara atasan dan bawahan dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya, hasil dari pekerjaan tersebut tidak akan maksimal dan lingkungna tempat kerja pun tidak akan menjadi nyaman dengan adanya hal itu .

c.      Intergritas
Dengan adanya integritas yang tinggi maka akan menciptakan kepercayaan yang tinggi terhadap pegawai tersebut.

d.     Tanggung Jawab.
Tanggung jawab didalam lingkungan kerja juga merupakan hal penting yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan didalam suatu pekerjaan, dengan adanya tanggun jawab maka kita akan mendapatkan hasil kerja yang baik.

e.      Keadilan
Didalam kepemimpinan atasan harus memiliki sikap adil baik terhadap kerjaan yang dilakukan maupun hasil kerja yang didapat.

f.       Keseimbangan
Didalam suatu instansi atau kantor harus memiliki keseimbangan didalam semua unsur yang ada, bagaimana caranya mencitpakan keseimbangan tersebut? Yaitu dengan menjalin kerjasama yang baik antara sesama pegawai yang ada menjalin silahturahmi untuk mempererat jalinan keakraban.

g.     Kejelasan
Didalam lingkungan kerja yang akuntabel harus memiliki kejelasan kemana arah dan tujuan kinerja yang akan dicapai. Tentunya untuk menciptakan tujuan yang akan dicapai harus ada langkah – langkah yang harus dilakukan misalnya seperti planning, actuating, organizing, dan controlling.

Nah sahabat jempol yang berbahagia itulah beberapa hal yang bisa penulis sampaikan untuk menciptakan lingkungan kerja yang AKUNTABEL. Jika ada penyampaian atau penulisan yang salah penulis mohon maaf. Sekian dan terimakasih.
Referensi :lan.go.id  
Post a Comment