CARA BERJUALAN ONLINE - MEDIA EDUKASI CEPAT, TEPAT, DAN TERPERCAYA

Breaking

Created By Reko Metra, S.Kom

Tuesday, October 20, 2015

CARA BERJUALAN ONLINE


Salam dua jempol. Selamat malam sahabat jempol sekalian pada malam ini penulis akan memberikan tips tentang “CARA BERJUALAN ONLINE”.

Apa itu jual beli online?

Sebelum kita mengetahui apa itu jual beli online ada baiknya sahabt jempol kita mengetahui terlebih dahulu pengertian daripada kata online itu sendiri.

Online adalah dimana kita mengkoneksikan jaringan internet baik itu menggunakan modem sebagai jaringan koneksi maupun menggunakan smartphone sebagai media untuk terkoneksi keinternet.

Menurut penulis jual beli online adalah mempromosikan barang dan jasa melalui dunia internet, pembeli tidak harus bertemu dengan penjual bisa komunikasi melalui dunia maya.

Sahabat jempol yang berbahagia jika anda ingin berhasil dalam berjualan online berikut beberapat tips yang bisa penulis sampaikan diantaranya sebagai berikut :

a.     Cari tahu apa yang menjadi kebutuhan konsumen.
Didalam hal ini kita sebagai penjual harus mengetahui apa yang menjadi kebutuhan para pembeli. produk yang kita jual haruslah menjadi solusi bagi permasalahan bagi para pembeli. Contohnya produknya adalah buku. Buku bisa menjadi solusi terhadap permasalahan para pembeli misalnya pembeli ingin mengetahui tentang komputer lebih dalam, pembeli tinggal mencari buku – buku yang berhubungan dengan komputer. Itu merupakan solusi sekaligus pemecahan masalah yang dihadapi para pembeli.

Bagaimana cara mencari tahu kebutuhan para pembeli ?
Nah sahabat jempol sekalian mencari permasalahan kebutuhan para pembeli bisa dengan cara pada diri anda sendiri, karena anda sendiri juga merupakan seorang pembeli. Dari pengalaman penulis sendiri, penulis membuat sebuah blog tentang pendidikan, penulis termotivasi dengan hal itu. Kegiatan ngeblog tentang pendidikan, media pembelajaran, ilmu  komputer dan lain – lain melalui alamat blog rekometra.blogspot.com membantu para pembaca untuk memenuhi kebutuhannya dalam mendapatkan informasi.

Ketika pertama penulis belajar ngeblog, penulis sempat kesulitan dalam menjalankannya, tetapi lambat laun dengan belajar dan belajar serta sering bertanya dan konsultasi dengan teman atau orang yang ahli dibidang ngeblog penulis sekarang sudah mulai bisa menjalankannya. Hal yang sama juga bisa anda terapkan pada bisnis jualan online anda.

b.     Bagaimana mendapatkan produk untuk dipasarkan.
Nah sahabat jempol dimanapun anda berada, jika anda sudah menemukan ide untuk berjualan online, selanjutnya anda tinggal mencari produk apa yang tepat yang harus anda pasarkan melalui dunia internet. Dalam hal ini  Ada 2 cara yang penulis sampaikan untuk mendapatkan produk yang akan anda jual diantaranya sebagai berikut :

1.     Membantu memasarkan produk milik orang lain.
Memasarkan produk milik orang lain berarti anda harus bekerjasama dengan pemilik produk untuk mendapatkan keuntungan bersama dengan kontrak kerjasama tentunya. Hasil yang didapat dibagi rata dengan pemilik.
2.     Membuat produk sendiri.
Memasarkan produk milik sendiri itu lebih baik daripada produk milik orang lain karena keuntugan yang anda dapatkan jauh lebih besar daripada kita bekerjasama dengan orang lain. Didalam monitoring juga akan lebih mudah.

c.      Media yang digunakan untuk berjualan online.
Nah sahabat jempol pada tips yang ketiga ini yang paling penting! Kenapa demikian? Karena pemilihan media online yang tidak tepat bisa menjadi faktor penentu keberhasilan anda didalam berjualan online.

Berikut beberapa tips yang bisa penulis berikan untuk media online anda :

a.     Web berbayar
Web berbayar bisa anda gunakan sebagai media promosi tentunya dengan memilih web mana yang cocok untuk anda gunakan misalnya anda berjualan dalam bidang otomotif bisa anda beri nama web tersebut dengan nama www.otomotif.com . dengan web berbayar ini anda harus teliti menggunakannya karena kita sangat bergantung pada masa aktif web tersebut.

b.     Blog gratisan
Jika anda memilih media blog gratis untuk mempromosikan produk anda maka anda harus bisa mengelola blog tersebut dengan baik dan benar. Misalnya anda harus memiliki fans blog yang banyak baik itu dari kalangan biasa, menengah maupun ningrat. Karena fans juga merupakan faktor penting dalam keberhasilan anda dalam berjualan melalui online. Semakin banyak fans anda maka semakin banyak pula pembeli yang mengetahui tentang produk anda.

c.      Tampilan web atau blog
Dalam hal tampilan juga sangat berpengaruh terhadap keberhasilan dalam jualan online anda. Semakin menarik tampilan anda makasemakin banyak pula pembeli yang berkunjung pada web atau blog anda sehingga nantinya pembeli banyak memesan produk yang anda jual.

d.     Alamat yang jelas
Alamat yang jelas atau kotak person merupakan media yang penting juga dalam berjualan online anda. Cantumkan alamat yang pasti dan tidak berubah – ubah pada halaman media promosi anda.

e.      Media pembayaran
Biasanya pembeli yang online akan melihat kemana mereka harus membayar produk yang akan mereka beli. Anda juga harus menyertakan jenis pembayaran pada halaman media promosi anda.

f.       Pelayanan tepat waktu.
Jika anda sebagai seorang penjual produk pelayanan juga merupakan faktor yang harus diperhitungkan dalam bejualan online. Biasanya pembeli sangat mementingkan waktu datangnya barang yang mereka pesan. Jika anda terlambat mengirim barang sekali saja maka pembeli akan berfikir lagi untuk membeli produk yang anda jual. Usahakan barang yang mereka pesan tepat waktu demi kelancaran usaha anda.

Nah sahabat jempol dimanapun anda berada itulah beberapa tips yang bisa penulis sampaikan hari ini, semoga apa yang anda baca bisa bermanfaat. Jika ada kata yang kurang berkenan dalam penyampaian materi ini penulis mohon maaf. Sekian dan terimakasih.




Post a Comment